DASAR PEMIKIRAN
Menurut Riset pribadi kami, sejak mengawali karier sebagai pengajar ilmu Public
speaking tahun 2000
sampai tahun 2012, kami berkesimpulan bahwa perwajahan Public Speaking pada manusia modern dewasa ini rata-rata
masih berada pada kondisi buruk atau memprihatinkan. Sumber terjadinya kondisi
tersebut adalah Masyarakat kita masih beranggapan bahwa Public Speaking adalah
pengetahuan belaka, bukan ilmu yang harus dipelajari dan dipraktekkan. Bermunculah
pertanyaan yang mungkin bagi kita sering kita ucapkan juga, seperti:
1. Mengapa harus belajar berbicara? bukankah
jabatan dan pendidikan saya tinggi?
2. Mengapa harus kursus atau sekolah bicara?
padahal setiap hari kita berbicara?
Pertanyaan diatas bisa saja muncul, akibat ketidaktahuan dan keterbatasan
pemahaman kita terhadap ilmu Public Speaking. Padahal kita sendiri sadar akan
suatu kondisi ketika kita berbicara didepan umum masih sering muncul
kondisi-kondisi seperti :
1 . Gemetar,
Gugup bahkan takut yang berlebihan.
2 . Gerak
Bahasa Tubuh dan Gestures yang kaku bahkan tertutup.
3 . Ketidak
selarasan antara Visual, Voice dan Verbal yang diucapkan.
4 . Eye Contact yang tidak komunikatif.
5 . Berjalan
yang kaku ketika berbicara.
6 . Bingung
membuka acara, mempertahankan fokus dan menutup acara.
7 . Memilih
topik, menjabarkan materi dan menyimpulkan.
8 . Tidak
dapat melakukan Persuasi ketika bicara.
9 . Bertele-tele
dalam Verbal, Gerak dan Pikir.
1 . Tidak
mengerti aturan yang jelas dalam tata krama berbicara.
1 . Merasa
diserang Audience bahkan merasa dilecehkan.
1 . Bingung
berpenampilan ketika akan tampil.
1 . Problem Vokal yang tidak disadari, (monoton, nasal, gerenyet, noise,
dll)
1 . Bingung memposisikan
diri dihadapan audience.
1 . Blank,
Out focus, diam tidak bisa bicara.
Keadaan lain yang muncul ialah ada beberapa orang yang hingga dewasa dan
memiliki jabatan serta pendidikan tinggi (sampai Profesor, red.) Masih
menganggap Public speaking sebagai momok yang mengganggu aktifitas, prestasi
dan pergaulannya. Disisi lain ada yang sudah mengklaim diri sebagai orang yang
tidak berbakat, keturunan, orang belakang layar dst. sehingga tidak lagi
memikirkan untuk belajar Public Speaking. Padahal Public Speaking dapat
dipelajari oleh siapapun, yang penting orang tersebut mau dan berlatih
terus-menerus walaupun tanpa didukung bakat dll.
Dalam kondisi seperti ini satu-satunya cara yang dapat mengatasinya ialah
melakukan Power Workshop Public
Speaking KOCAK
kepada para mahasiswa. Karena dengan cara terapi hypnosis kita dapat mencabut Servo Penangkal Otomatis dalam otak dan
memasukkan data baru dengan Teater Pikir dan dilanjutkan dengan pemberian teori
Ilmu Public Speaking dan Praktek, sehingga segera dapat dilihat perubahannya
dan peserta sadar akan perubahan dirinya.
MAKSUD DAN TUJUAN |
Peserta menguasai berbagai skill terpenting yang dituntut oleh profesinya
yang ada hubungannya dengan event dan
audience, seperti:
- Hypnotic Training Design.
Bagaimana mendesign sebuah sesi training atau event yang mampu menciptakan
fenomena attachment, agar audience tetap mengikuti training atau event dengan ”learning state” yang selalu optimal
dari awal sampai akhir acara.
- Trust and Rapport Building.
Bagaimana membangun kepercayaan dan kedekatan hubungan dengan audience
sesegera mungkin dan bertahan selama mungkin.
- Anchor Delivery.
Bagaimana trainer, coach, mentor, atau guru bisa
menciptakan berbagai anchor poin
(titik-titik untuk on dan off berbagai konsep dan skill yang diinduksikan
kepada audience, agar bisa digunakan pada waktu yang tepat di dunia nyata di
luar kelas training atau event).
- Testimonies Generation.
Bagaimana menciptakan dan mengarahkan endorsement atau testimoni dari
audience atau peserta, secara benar, akurat, dan sesuai harapan, untuk
kepentingan kelanjutan event dan sekaligus kredibilitas trainer, coach, mentor,
atau fasilitator yang bersangkutan, di masa-masa yang akan datang.
- Coping The Classroom.
Bagaimana menguasai dan mengontrol panggung, kelas, dan audience, dan
sebagainya.
NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan
ini bernama "Training KOCAK Public Speaking ” yang bertemakan “Berani Kocak, Berani Tampil Beda”.
WAKTU DAN TEMPATKEGIATAN |
Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal :
25 Mei 2013
Waktu : 08.00
s/d 16.00
Tempat : Aula Studen
Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
PEMBICARA |
·
Robby Habibi
El-Humoria
(Trainer,
Public Speaker & Motivator KOCAK)
PESERTA |
·
Pelajar/Mahasiswa
·
Da’i (Ustadz/Ustadzah)
·
Guru
·
Umum
PENYELENGARA KEGIATAN |
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Master Kocak Community yang bekerja sama dengan HMJ PAI
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
STRUKTUR KEPANITIAAN |
Terlampir
ANGGRAN BIAYA
Terlampir
SUSUNAN ACARA |
Terlampir
PENUTUP |
Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya sebagai dasar
pijakan dalam melaksanakan kegiatan ini. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan
dan kerjasama dari semua pihak yang terkait dan ikut serta mesukseskan acara
ini.
Jakarta,13 April 2013
Fitra Wiryadwika M
Ikrom Rosyidin
Ketua Panitia Sekretaris Panitia
Mengetahui
Muhamad Riza Fahlevi CH
Ketua Umum MKC
SUSUNAN
KEPANITIAAN
Pelindung
Singgih Widodo S.Kom (Managing Director IMC)
Penanggung
Jawab
Muhamad Riza Fahlevi CH (Ketua Umum MKC)
Ketua Panitia : Fitra Wiryadwika
Sekretaris : Muhammad Ikrom Rosyidin
Bendahara : Zubaidah
DIVISI – DIVISI
Divisi Acara
|
Divisi Konsumsi
|
Divisi Pubdekdok
|
Divisi Humas
|
Divisi Perlengkapan
|
Hasan Basri
Indah A
M. Luthfi Nadif
Mia Masyita
Akbar
|
Masruroh
Ayyatika
Siti Muslihah
Sunarti
Rizal Fahrudin
|
Sofiah
Hasanah
Saidatusolihah
Sholeh Agus
Zahra
Mia
|
Hariri
Amalia
rosyidah
Mardhatillah
Riska Rahman
|
M. Luthfi Nadif
Muhammad Firmansyah
Soleh Agus
Fathurrahmah Aviciena
|
RENCANA ANGGARAN
A.
PENGELUARAN
I.
Rencana
Anggaran Konsumsi
·
Makan peserta 200 x @Rp 25.000 Rp 5.000.000
·
Makan panitia 30
x @Rp 25.000 Rp 750.000
·
Snack peserta 200
x @Rp 10.000 Rp 2.000.000
·
Snack Tamu Rp.
250.000
·
Buah Rp.
100.000 +
Jumlah Rp
8.100.000
II.
Rencana
Anggaran Perlengkapan dan Peralatan
·
Sewa Student Center Rp.
250.000
·
Banner Rp
200.000
·
Design Banner Rp
100.000
·
Brosur/Pamflet 2 rim Rp
800.000
·
Formulir Pendaftaran Rp
100.000
·
Tiket 200 lembar Rp
400.000
·
Sertifikat 200 x @Rp. 5000 Rp
1.500.000
·
Cindera Mata Pembicara Rp
100.000
·
Sewa Handycam Rp
100.000
·
Balon 100 buah x @Rp.3000 Rp
300.000
·
Sewa LCD Rp
200.000
·
Sewa Wireles Rp
100.000
·
Standing Banner 2 buah Rp
250.000
·
Wall and Frame Rp
150.000
·
Sound System Rp 1.000.000
·
Back Drop Rp
100.000
·
Door Prize Rp 250.000+
Jumlah Rp 5.900.000
III.
Rencana
Anggaran Acara
·
Pembicara (Motivator) Rp
15.000.000
·
Mc Rp 1.000.000
·
Pesulap Rp 1.000.000 +
Jumlah Rp
17.000.000 +
JUMLAH TOTAL PENGELUARAN Rp 31.000.000
B.
PEMASUKAN
1.
Peserta 200
Orang x @100.000 =
Rp. 20.000.000
2.
Sponshorship =
Rp. 11.000.000
Jumlah =
Rp. 31.000.000
SUSUNAN
ACARA
Sabtu, 25 Mei 2013
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
06.00 –
06.30
|
Check Peralatan
|
Panitia
|
06.30 –
06. 45
|
Breafing
|
Panitia
|
06.45 –
07.00
|
Makan Pagi
|
Panitia
|
07.00 –
07.30
|
Buka Stand + Registrasi Ulang
|
Panitia
|
07.30 –
07.45
|
Pembukaan Acara
|
MC
|
07.45 –
08.00
|
Flash MOB
|
Sunarti dkk
|
08.00 –
08.05
|
Sambutan Pres. Bem PAI
|
Hasan Basri
|
08.05 –
08.10
|
Sambutan Perwakilan IMC (Indonesia Master
Communication)
|
Singgih Widodo S.Kom
(Managing
Directer IMC)
|
08.10 –
08.15
|
Sambutan Pejabat Fak. Tarbiyah
|
Dr. Bahrissalim, MA
(Ketua
Jurusan PAI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
|
08.15 –
08.30
|
Master Game
|
Panitia
|
08.30 –
12.00
|
Training
Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI
|
Robby Habibi El-humoria
(Trainer,
Public Speaker & Motivator KOCAK)
|
12.00 – 13.00
|
MAKSIAT
|
Panitia
|
13.00 –
13.15
|
Musik Entertaint
|
Rizal & Fitra W
|
13.15 –
13.30
|
MOGIC (Motivasi Magic)
|
M. Riza Fahlevi C.H
|
13.30 - 15.25
|
Training
Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI
|
Robby Habibi El-humoria
(Trainer,
Public Speaker & Motivator KOCAK)
|
Muhasabah
|
||
Test MKC (Test Tulis)
|
||
15.25 –
15.45
|
Launching Tab. Muamalat
|
Kautsar Fairuzi
(Directur Utama Mega Mandiri)
|
15.45 – 16.00
|
Launching MKC + Pelepasan Balon
|
Singgih Widodo S. Kom
(Managing
Directer IMC)
|
16.00 – selesai
|
Penutupan
|
MC
|
I.
KETENTUAN PENAWARAN
SPONSORSHIP
1.
PAKET PROMOSI
Dalam
rangka menyelenggarakan Training Power Workshop Public Speaking
Ter-KOCAK abad XXI,
kami pihak panitia menyediakan berbagai paket promosi-promosi yang dapat
dipilih oleh pihak sponsor sesuai dengan besarnya dana yang diberikan. Beberapa
paket tersebut didisain dan diproduksi oleh panitia. Hal ini dimaksudkan agar
pihak sponsor bebas memilih dan dapat membandingkan.
2.
KRETERIA SPONSOR
1. Instansi atau
perusahaan yang dapat dikatakan sebagai sponsor adalah mereka yang mengambil
salah satu atau beberapa paket promosi yang telah disediakan atau berdasarkan
hasil negosiasi dengan panitia.
2. Instansi atau
perusahaan yang bersedia untuk memberikan bantuan materil tetapi tidak
mengambil paket promosi, dapat dikategorikan sebagai donatur, nama donatur akan
ditulis dalam tanda ucapan terimakasih dan disebutkan secara lisan dalam acara.
(sesuai kesepakatan dengan panitia).
3.
MATERI IKLAN
Pengaturan
dan penepatan materi iklan merupakan wewenang panitia, sponsor harus
menyerahkan materi
iklan (logo, nama produk, desain dan lain-lain) dalam bentuk final art mark kepada
panitia paling lambat pada batas waktu yang telah disepakati dalam kontrak
kerjasama.
4.
SYARAT PEMBAYARAN
1.
Pembayaran
secara penuh diberikan pada saat kontrak kerjasama ditandatangani atau dapat
dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak (2 minggu).
2.
Pembayaran
baik secara tunai maupun secara bertahap, harus lunas secepatnya sesuai kesepakatan
dengan panitia, mengingat hal ini berkaitan dengan bentuk kegiatan dan
publikasi.
3.
Apabila
pembayaran belum dapat dipenuhi sesuai dengan waktu yang disepakati, maka
panitia penyelenggara berhak untuk melaksanakan pembuatan dan pelaksanaan iklan
sponsor kedalam jumlah, ukuran, dan jenis iklan yang sesuai. Pengambilan dana
hanya dapat dilakukan oleh salah seorang panitia dengan disertai surat mandat yang diberikan
oleh M. Riza Fahlevi CH.
5.
PEMBAYARAN
Pembayaran
dapat dilakukan secara tunai, transfer kerekening maupun dalam bentuk lain yang
akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan.
Dengan
nomor rekening :
No. Rek.
1017033594
a/n Singgih Widodo, S.Kom
Bank Syariah Mandiri - Cabang Ciputat.
|
No. Rek. 6760168040
a/n
Singgih Widodo, S. Kom
Bank
BCA-Cabang Cireundeu
|
No. Rek. 164-00-0005188-0
a/n
Singgih Widodo
Bank
Mandiri-Cabang Cireundeu
|
No. Rek. 1217861337
a/n
Singgih Widodo, S. Kom
Bank
Permata-Cabang Cempaka Putih Ciputat
|
6.
LAIN-LAIN
1.
Sponsor
dalam bentuk barang, hendaknya diberikan kepada panitia paling lambat dua
minggu sebelum kegiatan dilakukan kecuali dalam bentuk poster (2 hari sebelum
kegiatan).
2.
Tarif
paket sponsor belum termasuk pajak atau biaya perizinan bila ada.
3.
Apabila
pihak sponsor menghendaki kerjasama dalam bentuk yang saling menguntungkan,
dimana bentuk tersebut tidak tercantum dalam paket-peket promosi yang
disediakan, hal ini dapat dibicarakan lebih lanjut dengan panitia.
Jika pihak sponsor bermaksud
untuk membatalkan keikutsertaan sebagai sponsor padahal telah meneken, maka
diharuskan membayar ganti rugi sebesar 50 % dari paket promosi yang dibatalkan.
II.
BENTUK PARTISIPASI SPONSORSHIP
1.
SPONSOR
TUNGGAL (100%
dari total anggaran kegiatan)
Rp. 31.000.000
Paket ini merupakan
paket yang besifat ekslusif, dimana panitia tidak dapat menerima bentuk paket
sponsorship lain jika ada perusahaan atau instansi yang menandatangani
kerjasama paket ini, fasilitas yang akan diberikan dalam paket ini antara lain:
a.
Vandel
dan Sertifikat.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk tujuh vandel untuk setiap
pembicara dan seratus sertifikat yang akan diberikan kepada seratus peserta Training.
b.
Undangan.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk Logo 2 x 3 dengan pesan iklan
di bawahnya yang akan dipasang pada setiap undangan.
c.
Spanduk
Kegiatan berikut Sponsor.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 3 (tiga) buah Spanduk kegiatan berikut
Nama dan Logo Sponsor yang ada pada samping (kanan atau kiri) spanduk ;
yang akan dipajang di dua pintu utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
d.
Famlet.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 100 (seratus) lembar famlet kegiatan
yang ditempelkan pada tempat-tempat strategis di UIN Syarif Hidayatullah jakarta dan kampus-kampus
di
sekitarnya.
e.
Co
Card
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 40 (empat puluh) co card, dengan
penempatan logo perusahaan/instansi pada bagian bawah kiri pada setiap co card
panitia.
f.
Ad
Lips.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk dipromosikan oleh panitia selama 10 Menit dalam kegiatan
yang diselenggarakan oleh panitia bersama, yaitu Training Power Workshop Public
Speaking Ter-KOCAK abad XXI
g.
Memonopoli
Publikasi Kegiatan
Pihak Sponsor
memonopoli publikasi kegiatan, dan pihak panitia tidak dibenarkan menerima
sponsor dalam bentuk apapun.
2.
SPONSOR
UTAMA (75
% dari total anggaran kegiatan)
Rp.
23.250.000,- -Maksimal
2 badan usaha-
Paket ini merupakan
paket yang besifat utama, dimana panitia sponsor masih mendapatkan keutamaan
akan tetapi panitia dapat menerima bentuk paket sponsorship lain jika ada
perusahaan atau instansi yang menandatangani kerjasama paket ini, fasilitas
yang akan diberikan dalam paket ini antara lain:
a.
Vandel
dan Sertifikat
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk tujuh vandel untuk setiap
pembicara dan seratus sertifikat yang akan diberikan kepada seratus peserta
seminar.
b.
Undangan.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk Logo 2 x 3 dengan pesan iklan
di bawahnya yang akan dipasang pada setiap undangan.
c.
Spanduk
Kegiatan berikut Sponsor.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 2 (dua) buah Spanduk kegiatan berikut
Nama dan Logo Sponsor yang ada pada samping (kanan atau kiri) spanduk ;
yang akan dipajang di dua pintu utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
d.
Famlet.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 100 (seratus) lembar famlet kegiatan
yang ditempelkan pada tempat-tempat strategis di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Kampus-kampus
disekitarnya.
3.
SPONSOR
PENDAMPING (25%
dari total anggaran kegiatan)
Rp. 7.750.000,-
Paket ini merupakan
paket yang besifat biasa, dimana panitia dapat menerima bentuk paket
sponsorship lain jika ada perusahaan atau instansi yang menandatangani
kerjasama paket ini, fasilitas yang akan diberikan dalam paket ini antara lain:
a.
Vandel
dan Sertifikat
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk tujuh vandel untuk setiap
pembicara dan seratus sertifikat yang akan diberikan kepada seratus peserta
seminar.
b.
Famlet.
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 100 (seratus) lembar famlet kegiatan
yang ditempelkan pada tempat-tempat strategis di UIN Syarif Hidayatullah,
Kampus-kampus sekitar dan
ditempat umum.
c.
Co
Card
Perusahaan/instansi
anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 40 (limapuluh) co card, dengan penempatan
logo perusahaan/instansi
4.
SPONSOR
BIASA (Paket
Negosiasi)
Paket ini memeberikan
kesempatan kepada perusahaan, lembaga atau instansi untuk mengajukan usulan
selain disebutkan sebelumnya. Bentuk dan besar jumlah partisipasi sesuai dengan
hasil negosiasi dengan pihak panitia.
III.
KERJASAMA MEDIA MASSA DAN ELEKTRONIK
Kami panitia
penyelenggara Training
Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI membuka peluang
sebesar-besarnya bagi mediamassa atau elektronik yang tertarik
untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan kami, dengan memenuhi beberapa
persyaratan tertentu dan berkoodinasi dengan panitia.
Demikian paket
penawaran ini kami buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan semoga kita
dapat menjadi partner kerja yang baik, selanjutnya dapat menghubungi :
Pin BB :
26A2A121
CP : M. Riza Fahlevi (083898848619),
Hasan Basri (087774325671), Fitra (089631262323), dan Hariri (08990039621).
Atas partisipasi dan kerjasama dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar