Selasa, 18 Maret 2014

PROPOSAL KERJASAMA HMJ PAI





DASAR PEMIKIRAN


Menurut Riset pribadi kami, sejak mengawali karier sebagai pengajar ilmu Public speaking  tahun 2000 sampai tahun 2012, kami berkesimpulan bahwa perwajahan Public Speaking  pada manusia modern dewasa ini rata-rata masih berada pada kondisi buruk atau memprihatinkan. Sumber terjadinya kondisi tersebut adalah Masyarakat kita masih beranggapan bahwa Public Speaking adalah pengetahuan belaka, bukan ilmu yang harus dipelajari dan dipraktekkan. Bermunculah pertanyaan yang mungkin bagi kita sering kita ucapkan juga, seperti:
      1.   Mengapa harus belajar berbicara? bukankah jabatan dan pendidikan saya tinggi?
      2.   Mengapa harus kursus atau sekolah bicara? padahal setiap hari kita berbicara?
Pertanyaan diatas bisa saja muncul, akibat ketidaktahuan dan keterbatasan pemahaman kita terhadap ilmu Public Speaking. Padahal kita sendiri sadar akan suatu kondisi ketika kita berbicara didepan umum masih sering muncul kondisi-kondisi seperti :
1    . Gemetar, Gugup bahkan takut yang berlebihan.
2    . Gerak Bahasa Tubuh dan Gestures yang kaku bahkan tertutup.
3    . Ketidak selarasan antara Visual, Voice dan Verbal yang diucapkan.
4    . Eye Contact yang tidak komunikatif.
5    . Berjalan yang kaku ketika berbicara.
6    . Bingung membuka acara, mempertahankan fokus dan menutup acara.
7    . Memilih topik, menjabarkan materi dan menyimpulkan.
8    . Tidak dapat melakukan Persuasi ketika bicara.
9    . Bertele-tele dalam Verbal, Gerak dan Pikir.
1    .  Tidak mengerti aturan yang jelas dalam tata krama berbicara.
1    .  Merasa diserang Audience bahkan merasa dilecehkan.
1    .  Bingung berpenampilan ketika akan tampil.
1    .  Problem Vokal yang tidak disadari, (monoton, nasal, gerenyet, noise, dll)
1    .  Bingung memposisikan diri dihadapan audience.
1    .  Blank, Out focus, diam tidak bisa bicara.

Keadaan lain yang muncul ialah ada beberapa orang yang hingga dewasa dan memiliki jabatan serta pendidikan tinggi (sampai Profesor, red.) Masih menganggap Public speaking sebagai momok yang mengganggu aktifitas, prestasi dan pergaulannya. Disisi lain ada yang sudah mengklaim diri sebagai orang yang tidak berbakat, keturunan, orang belakang layar dst. sehingga tidak lagi memikirkan untuk belajar Public Speaking. Padahal Public Speaking dapat dipelajari oleh siapapun, yang penting orang tersebut mau dan berlatih terus-menerus walaupun tanpa didukung bakat dll.
Dalam kondisi seperti ini satu-satunya cara yang dapat mengatasinya ialah melakukan Power Workshop Public Speaking KOCAK kepada para mahasiswa. Karena dengan cara terapi hypnosis kita dapat mencabut Servo Penangkal Otomatis dalam otak dan memasukkan data baru dengan Teater Pikir dan dilanjutkan dengan pemberian teori Ilmu Public Speaking dan Praktek, sehingga segera dapat dilihat perubahannya dan peserta sadar akan perubahan dirinya.



MAKSUD DAN TUJUAN
 


Peserta menguasai berbagai skill terpenting yang dituntut oleh profesinya yang ada hubungannya dengan event dan audience, seperti:
  1. Hypnotic Training Design.
Bagaimana mendesign sebuah sesi training atau event yang mampu menciptakan fenomena attachment, agar audience tetap mengikuti training atau event dengan ”learning state” yang selalu optimal dari awal sampai akhir acara.
  1. Trust and Rapport Building.
Bagaimana membangun kepercayaan dan kedekatan hubungan dengan audience sesegera mungkin dan bertahan selama mungkin.
  1. Anchor Delivery.
Bagaimana trainer, coach, mentor, atau guru bisa menciptakan berbagai anchor poin (titik-titik untuk on dan off berbagai konsep dan skill yang diinduksikan kepada audience, agar bisa digunakan pada waktu yang tepat di dunia nyata di luar kelas training atau event).
  1. Testimonies Generation.
Bagaimana menciptakan dan mengarahkan endorsement atau testimoni dari audience atau peserta, secara benar, akurat, dan sesuai harapan, untuk kepentingan kelanjutan event dan sekaligus kredibilitas trainer, coach, mentor, atau fasilitator yang bersangkutan, di masa-masa yang akan datang.
  1. Coping The Classroom.
Bagaimana menguasai dan mengontrol panggung, kelas, dan audience, dan sebagainya.


 
 NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama "Training KOCAK Public Speaking  yang bertemakan  Berani Kocak, Berani Tampil Beda”.



WAKTU DAN TEMPATKEGIATAN
 

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:
Hari                 :  Sabtu
Tanggal           : 25 Mei 2013
Waktu             : 08.00 s/d 16.00
Tempat            :  Aula Studen Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta



PEMBICARA
 


·         Robby Habibi El-Humoria
(Trainer, Public Speaker & Motivator KOCAK)


PESERTA
 


·         Pelajar/Mahasiswa
·         Da’i (Ustadz/Ustadzah)
·         Guru
·         Umum



PENYELENGARA KEGIATAN
 


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Master Kocak Community yang bekerja sama dengan HMJ PAI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


STRUKTUR KEPANITIAAN
 


Terlampir

ANGGRAN BIAYA


            Terlampir



SUSUNAN ACARA
 


Terlampir



PENUTUP
 


Demikianlah proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya sebagai dasar pijakan dalam melaksanakan kegiatan ini. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari semua pihak yang terkait dan ikut serta mesukseskan acara ini.

                                                                                                               Jakarta,13 April 2013

                Fitra Wiryadwika                                                                               M Ikrom Rosyidin
                Ketua Panitia                                                                                        Sekretaris Panitia
Mengetahui


Muhamad Riza Fahlevi CH
Ketua Umum MKC

SUSUNAN KEPANITIAAN
Pelindung
Singgih Widodo S.Kom (Managing Director IMC)
Penanggung Jawab
Muhamad Riza Fahlevi CH (Ketua Umum MKC)
Ketua Panitia : Fitra Wiryadwika
Sekretaris       : Muhammad Ikrom Rosyidin
Bendahara     : Zubaidah
DIVISI – DIVISI

Divisi Acara
Divisi Konsumsi
Divisi Pubdekdok
Divisi Humas
Divisi Perlengkapan
Hasan Basri
Indah A
M. Luthfi Nadif
Mia Masyita
Akbar
Masruroh
Ayyatika
Siti Muslihah
Sunarti
Rizal Fahrudin
Sofiah Hasanah
Saidatusolihah
Sholeh Agus
Zahra
Mia
Hariri
Amalia rosyidah
Mardhatillah
Riska Rahman

M. Luthfi Nadif
Muhammad Firmansyah
Soleh Agus
Fathurrahmah  Aviciena
                                                                                               
                                                           
RENCANA ANGGARAN
A.   PENGELUARAN
I.                   Rencana Anggaran Konsumsi
·         Makan peserta 200 x @Rp 25.000                 Rp 5.000.000
·         Makan panitia    30 x  @Rp 25.000                Rp    750.000
·         Snack peserta  200 x  @Rp 10.000                 Rp 2.000.000
·         Snack Tamu                                                    Rp.   250.000
·         Buah                                                                Rp.   100.000 +
            Jumlah                                                           Rp 8.100.000
           
II.                Rencana Anggaran Perlengkapan dan Peralatan
·         Sewa Student Center                                      Rp.   250.000
·         Banner                                                             Rp    200.000
·         Design Banner                                                            Rp    100.000
·         Brosur/Pamflet 2 rim                                       Rp    800.000
·         Formulir Pendaftaran                                      Rp    100.000
·         Tiket 200 lembar                                             Rp    400.000
·         Sertifikat 200 x @Rp. 5000                            Rp 1.500.000
·         Cindera Mata Pembicara                                 Rp    100.000
·         Sewa Handycam                                             Rp    100.000
·         Balon 100 buah x @Rp.3000                         Rp    300.000
·         Sewa LCD                                                      Rp    200.000
·         Sewa Wireles                                                  Rp    100.000
·         Standing Banner 2 buah                                 Rp    250.000
·         Wall and Frame                                               Rp    150.000
·         Sound System                                                 Rp  1.000.000
·         Back Drop                                                       Rp     100.000
·         Door Prize                                                       Rp      250.000+
Jumlah                                                                 Rp  5.900.000

III.             Rencana Anggaran Acara
·         Pembicara (Motivator)                                    Rp 15.000.000
·         Mc                                                                   Rp   1.000.000
·         Pesulap                                                            Rp   1.000.000 +
Jumlah                                                                       Rp 17.000.000 +

JUMLAH TOTAL PENGELUARAN                  Rp 31.000.000

B.     PEMASUKAN
1.      Peserta       200 Orang x @100.000                      = Rp. 20.000.000
2.      Sponshorship                                                         = Rp. 11.000.000
Jumlah                                                                 = Rp. 31.000.000                                           


SUSUNAN ACARA

 Sabtu, 25 Mei 2013
WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
06.00 – 06.30
Check Peralatan
Panitia
06.30 – 06. 45
Breafing
Panitia
06.45 – 07.00
Makan Pagi
Panitia
07.00 – 07.30
Buka Stand + Registrasi Ulang
Panitia
07.30 – 07.45
Pembukaan Acara
MC
07.45 – 08.00
Flash MOB
Sunarti dkk
08.00 – 08.05
Sambutan Pres. Bem  PAI
Hasan Basri
08.05 – 08.10
Sambutan Perwakilan IMC (Indonesia Master Communication)
Singgih Widodo S.Kom
(Managing Directer IMC)
08.10 – 08.15
Sambutan Pejabat Fak. Tarbiyah
Dr. Bahrissalim, MA
(Ketua Jurusan PAI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
08.15 – 08.30
Master Game
Panitia
08.30 – 12.00
Training Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI
Robby Habibi El-humoria   
(Trainer, Public Speaker & Motivator KOCAK)
12.00 – 13.00
MAKSIAT
Panitia
13.00 – 13.15
Musik Entertaint
Rizal & Fitra W
13.15 – 13.30
MOGIC (Motivasi Magic)
M. Riza Fahlevi C.H
13.30 - 15.25
Training Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI
Robby Habibi El-humoria   
(Trainer, Public Speaker & Motivator KOCAK)
Muhasabah
Test MKC (Test Tulis)
15.25 – 15.45
Launching Tab. Muamalat
Kautsar Fairuzi
(Directur Utama Mega Mandiri)
15.45 – 16.00
Launching MKC + Pelepasan Balon
Singgih Widodo S. Kom
(Managing Directer IMC)
16.00 – selesai
Penutupan
MC




I.                   KETENTUAN PENAWARAN SPONSORSHIP 

1.                  PAKET PROMOSI
Dalam rangka menyelenggarakan Training Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI, kami pihak panitia menyediakan berbagai paket promosi-promosi yang dapat dipilih oleh pihak sponsor sesuai dengan besarnya dana yang diberikan. Beberapa paket tersebut didisain dan diproduksi oleh panitia. Hal ini dimaksudkan agar pihak sponsor bebas memilih dan dapat membandingkan.
2.                  KRETERIA SPONSOR
1.    Instansi atau perusahaan yang dapat dikatakan sebagai sponsor adalah mereka yang mengambil salah satu atau beberapa paket promosi yang telah disediakan atau berdasarkan hasil negosiasi dengan panitia.
2.    Instansi atau perusahaan yang bersedia untuk memberikan bantuan materil tetapi tidak mengambil paket promosi, dapat dikategorikan sebagai donatur, nama donatur akan ditulis dalam tanda ucapan terimakasih dan disebutkan secara lisan dalam acara. (sesuai kesepakatan dengan panitia).
3.                  MATERI IKLAN
Pengaturan dan penepatan materi iklan merupakan wewenang panitia, sponsor harus menyerahkan materi iklan (logo, nama produk, desain dan lain-lain) dalam bentuk final art mark kepada panitia paling lambat pada batas waktu yang telah disepakati dalam kontrak kerjasama.
4.                  SYARAT PEMBAYARAN
1.    Pembayaran secara penuh diberikan pada saat kontrak kerjasama ditandatangani atau dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak (2 minggu).
2.    Pembayaran baik secara tunai maupun secara bertahap, harus lunas secepatnya sesuai kesepakatan dengan panitia, mengingat hal ini berkaitan dengan bentuk kegiatan dan publikasi.
3.    Apabila pembayaran belum dapat dipenuhi sesuai dengan waktu yang disepakati, maka panitia penyelenggara berhak untuk melaksanakan pembuatan dan pelaksanaan iklan sponsor kedalam jumlah, ukuran, dan jenis iklan yang sesuai. Pengambilan dana hanya dapat dilakukan oleh salah seorang panitia dengan disertai surat mandat yang diberikan oleh M. Riza Fahlevi CH.
5.                  PEMBAYARAN
Pembayaran dapat dilakukan secara tunai, transfer kerekening maupun dalam bentuk lain yang akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan.
Dengan nomor rekening :  
No. Rek. 1017033594
a/n Singgih Widodo, S.Kom
Bank Syariah Mandiri - Cabang  Ciputat.
No. Rek. 6760168040
a/n Singgih Widodo, S. Kom
Bank BCA-Cabang Cireundeu

No. Rek. 164-00-0005188-0
a/n Singgih Widodo
Bank Mandiri-Cabang Cireundeu

No. Rek. 1217861337
a/n Singgih Widodo, S. Kom
Bank Permata-Cabang Cempaka Putih Ciputat
6.                  LAIN-LAIN
1.    Sponsor dalam bentuk barang, hendaknya diberikan kepada panitia paling lambat dua minggu sebelum kegiatan dilakukan kecuali dalam bentuk poster (2 hari sebelum kegiatan).
2.    Tarif paket sponsor belum termasuk pajak atau biaya perizinan bila ada.
3.    Apabila pihak sponsor menghendaki kerjasama dalam bentuk yang saling menguntungkan, dimana bentuk tersebut tidak tercantum dalam paket-peket promosi yang disediakan, hal ini dapat dibicarakan lebih lanjut dengan panitia.
Jika pihak sponsor bermaksud untuk membatalkan keikutsertaan sebagai sponsor padahal telah meneken, maka diharuskan membayar ganti rugi sebesar 50 % dari paket promosi yang dibatalkan.



II.                BENTUK PARTISIPASI SPONSORSHIP
1.      SPONSOR TUNGGAL (100% dari total anggaran kegiatan)
Rp. 31.000.000 
Paket ini merupakan paket yang besifat ekslusif, dimana panitia tidak dapat menerima bentuk paket sponsorship lain jika ada perusahaan atau instansi yang menandatangani kerjasama paket ini, fasilitas yang akan diberikan dalam paket ini antara lain:
a.      Vandel dan Sertifikat.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk tujuh vandel untuk setiap pembicara dan seratus sertifikat yang akan diberikan kepada seratus peserta Training.
b.      Undangan.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk Logo 2 x 3 dengan pesan iklan di bawahnya yang akan dipasang pada setiap undangan.
c.       Spanduk Kegiatan berikut Sponsor.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 3 (tiga) buah Spanduk kegiatan berikut Nama dan Logo Sponsor yang ada pada samping (kanan atau kiri) spanduk ; yang akan dipajang di dua pintu utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
d.      Famlet.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 100 (seratus) lembar famlet kegiatan yang ditempelkan pada tempat-tempat strategis di UIN Syarif Hidayatullah  jakarta dan kampus-kampus di sekitarnya.
e.       Co Card
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 40 (empat puluh) co card, dengan penempatan logo perusahaan/instansi pada bagian bawah kiri pada setiap co card panitia.
f.       Ad Lips.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk dipromosikan oleh panitia selama 10 Menit dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia bersama, yaitu Training Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI
g.      Memonopoli Publikasi Kegiatan
Pihak Sponsor memonopoli publikasi kegiatan, dan pihak panitia tidak dibenarkan menerima sponsor dalam bentuk apapun.

2.      SPONSOR UTAMA (75 %  dari total anggaran kegiatan)
Rp. 23.250.000,- -Maksimal 2 badan usaha-
Paket ini merupakan paket yang besifat utama, dimana panitia sponsor masih mendapatkan keutamaan akan tetapi panitia dapat menerima bentuk paket sponsorship lain jika ada perusahaan atau instansi yang menandatangani kerjasama paket ini, fasilitas yang akan diberikan dalam paket ini antara lain:
a.      Vandel dan Sertifikat
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk tujuh vandel untuk setiap pembicara dan seratus sertifikat yang akan diberikan kepada seratus peserta seminar.

b.      Undangan.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk Logo 2 x 3 dengan pesan iklan di bawahnya yang akan dipasang pada setiap undangan.
c.       Spanduk Kegiatan berikut Sponsor.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 2 (dua) buah Spanduk kegiatan berikut Nama dan Logo Sponsor yang ada pada samping (kanan atau kiri) spanduk ; yang akan dipajang di dua pintu utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
d.      Famlet.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 100 (seratus) lembar famlet kegiatan yang ditempelkan pada tempat-tempat strategis di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Kampus-kampus disekitarnya.

3.      SPONSOR PENDAMPING (25% dari total anggaran kegiatan)
Rp. 7.750.000,-

Paket ini merupakan paket yang besifat biasa, dimana panitia dapat menerima bentuk paket sponsorship lain jika ada perusahaan atau instansi yang menandatangani kerjasama paket ini, fasilitas yang akan diberikan dalam paket ini antara lain:
a.      Vandel dan Sertifikat
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam bentuk tujuh vandel untuk setiap pembicara dan seratus sertifikat yang akan diberikan kepada seratus peserta seminar.
b.      Famlet.
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 100 (seratus) lembar famlet kegiatan yang ditempelkan pada tempat-tempat strategis di UIN Syarif Hidayatullah, Kampus-kampus sekitar dan ditempat umum.
c.       Co Card
Perusahaan/instansi anda memiliki hak untuk berpromosi dalam 40 (limapuluh) co card, dengan penempatan logo perusahaan/instansi

4.      SPONSOR BIASA (Paket Negosiasi)

Paket ini memeberikan kesempatan kepada perusahaan, lembaga atau instansi untuk mengajukan usulan selain disebutkan sebelumnya. Bentuk dan besar jumlah partisipasi sesuai dengan hasil negosiasi dengan pihak panitia.



III.             KERJASAMA MEDIA MASSA DAN ELEKTRONIK

Kami panitia penyelenggara Training Power Workshop Public Speaking Ter-KOCAK abad XXI membuka peluang sebesar-besarnya bagi mediamassa atau elektronik yang tertarik untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan kami, dengan memenuhi beberapa persyaratan tertentu dan berkoodinasi dengan panitia.
Demikian paket penawaran ini kami buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan semoga kita dapat menjadi partner kerja yang baik, selanjutnya dapat menghubungi :

E-mail              Eza_looser@yahoo.com
Pin BB                        : 26A2A121   

CP                   : M. Riza Fahlevi (083898848619), Hasan Basri (087774325671), Fitra (089631262323), dan Hariri (08990039621).
Atas partisipasi dan kerjasama dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar